Supaya gak mudah bosan belajar dan baca buku - Zarumisme

Supaya gak mudah bosan belajar dan baca buku

First of all thanks to bang @JeromePolin wadidaw mantap jiwa w ngefans sm elu bang.......


sebenernya udah minta izin cuma belom di respon:")

jangan marah ya bang

ehe

Jadi berdasarkan penelitian ilmuwan psikologi bernama John Eastwood dari Universitas York di Ontario Kanada dkk di University of Guelph dan University of Waterloo di bidang ilmu psikologi dan ilmu saraf mendefinisikan kebosanan sebagai keadaan yang monoton atau berulang dan -c-

Nah sedangkan menurut @JeromePolin dan Shukan Bunshun.

Kita bisa merasa bosan karena kita melakukan hal yang sama secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang dan mungkin berhari-hari.

Tips 1: Belajar metode 50:10

Nah ini metode yang dipake di sekolah-sekolah Jepang sana. Jadi selama satu jam belajar, gunakan waktu 50 menit buat belajar, 10 menit buat istirahat. Setelah 10 mnt refresh, kalian belajar lagi selama 50 mnt, and repeat.

Tips 2: Buat target belajar

Target belajar itu bukan berapa lama kalian belajar tapi berapa soal yang akan dikerjakan atau berapa jauh kalian belajar

Nah misalnya kalian mau ngerjain buku soal, targetkan kalian mau ngisi berapa soal, misalnya 30 soal. Yaudah kalian kerjain aja, pasti ga terasa waktunya. Tiba-tiba udah 10 soal yang kalian kerjain dan rasanya tanggung, kurang 20 soal lagi.

Kalo misalkan kalian terfokus pada target belajar 3 jam, rasanya pasti bosen.

Nah kalo kalian bikin target, pastikan target kalian bener-bener bisa kalian capai. Setelah kalian mencapai target, pasti rasa kalian bangga dan pengen belajar lagi gitu.

Tips 3: Reward and Punishment

Setelah kalian berhasil mencapai atau ga mencapai target kalian, nah misalnya kalian mencapai target, kalian bisa main game selama 1 jam. Kalo ga mencapai target, kalian harus punish diri sendiri dengan "aku nga boleh main hari ini"

Jadi pastikan target belajar itu benar-benar menjadikan kalian motivasi dan bisa melawan rasa bosan.

Tips 4 : Cari sumber belajar yang lain

Tips keempat adalah jangan belajar dari satu sumber (media) aja. Jadi kalian bisa belajar dari mana aja, ntah dari buku, youtube, dll.

Tips 5: Cari suasana baru

Nah kalo kalian bosen belajar di rumah, kalian bisa belajar di mall, cafe, restoran, dll.

Tips 6: Ikut kelompok kerja bersama

Nah buat yang keenam, kalian bisa belajar sama temen-temen, biar ga bosen, biar ada temen ngobrol. Tapi kalian harus fokus belajar, nga fokus ngegibah doang

Tips 7: Berdoa sebelum belajar

Tips yang terakhir adalah berdoa sebelum belajar. Kenapa? Karena kita memohon kepada Tuhan supaya kita belajar dengan baik, belajatr ga bosen dan belajar dengan efektif.


Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
Selamat Datang di blog kesayangan Anda.
Done